Pada tanggal 8 februari 2016 UKMF KSI Mist FMIPA UNY mengadakan acara temu perdana pengurus baru UKMF KSI Mist FMIPA UNY periode 2016 di Hall Rektorat UNY.  Pagi itu Hall Rektorat UNY menjadi lebih ramai dibandingkan hari biasanya karena ada 47 pengurus UKMF KSI Mist FMIPA UNY  yang hadir dalam acara temu perdana tersebut.  Acara dibuka pada pukul 08.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah ayat suci Al Quran yang membuat suasana menjadi hikmat.  Nasehat yang disampaikan oleh Erwan Aditya dalam sambutan  ketua UKMF KSI Mist periode 2016  membangkitkan kembali antusias pengurus untuk terus berkarya dan berorganisasi di UKMF KSI Mist. “ Di KSI Mist itu kita tidak hanya berorganisasi tetapi juga harus berprestasi, itulah dua tugas yang harus kita jalankan disini” ujar Erwan Aditya selaku ketua UKMF KSI Kist periode 2016.

Keseruan berlanjut saat tim kretif mengajak semua pengurus bermain dalam game perkenalan yang dinamakan bergoyang dalam botol. Dalam permainan ini pengurus di beri satu botol untuk dijalankan secara estafet dari satu orang ke orang lain.  Pengurus juga diwajidkan bergoyang saat mendapatkan botol sambil diiringi musik, pengurus yang mendapatkan botol saat musik  berhenti diwajibkan menyebutkan nama- nama pengurus lain. Aktivitas  ini  dapat membuat pengurus  saling berinteraksi untuk berkenalan dan mengenal pengurus lain. Tampak para pengurus malu – malu saat bergoyang membuat suasana menjadi semakin lucu, akrab, dan meriah. Setelah game ini berlangsung rasa canggung dan sungkan antar pengurus menjadi berkurang, suasana pun menjadi sangat akrab karena semua orang sudah saling mengenal dan saling berbaur.

Iqbal Alallah selaku sekjen pertama FOSMAN hadir dalam acara temu perdana pengurus UKMF KSI Mist untuk memperkenalkan FOSMAN kepada pengurus baru UKMF KSI Mist. FOSMAN sendiri adalah sebuah forum komunikasi saintis muda dari berbagai universitas di Indonesia. Dengan bergabung dalam FOSMAN diharapkan dapat menjadi jalan bagi UKMF KSI Mist untuk memperluas jaringan, saling berbagi pengalaman, dan saling memberikan sumbangan ide untuk kemajuan penelitian di Indonesia dengan universitas lain anggota FOSMAN.

Selain perkenalan FOSMAN,dalam acara temu perdana ini juga dilakukan perkenalan dan berbagi pengalaman mengenai PKM GT AI yang disampaikan oleh Rizal Burhanudin. Banyak sekali contoh ide PKM GT yang lolos PIMNAS atau mendapat dana Dikti yang dicontohkan dalam sesi berbagi pengalaman mengenai PKM GT AI ini. Hal ini tentu sangat menginspirasi dan memacu semangat pengurus baru dalam berkarya dan menuliskan gagasannya.

Dalam temu perdana ini juga dikenalkan departemen baru di UKMF KSI Mist yaitu Departemen Riset. Dengan adanya departemen  riset ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pengurus dan anggota UKMF KSI Mist untuk melakukan penelitian di laboratorium sehingga penelitian yang dihasilkan tidak hanya gagasan namun sudah terealisasi dalam praktek di laboratorium. Departemen riset terbagi menjadi 6 tim bidang penelitian yaitu Tim riset  energi baru dan terbarukan, Tim riset pendidikan, Tim riset pertanian dan ketahanan pangan, Tim riset material, Tim riset kesehatan dan lingkungan, Tim riset programing dan elektronika Instrumen.

Demikian beberapa acara yang dilaksanakan dalam acara temu perdana pengurus UKMF KSI Mist periode 2016. Serangkaian acara  temu perdana UKMF KSI Mist FMIPA UNY periode 2016 tersebut  ditutup dengan doa bersama dan sesi foto bersama seluruh pengurus . (MRN)