IMG_9216

Workshop PKM GT dan AI yang diadakan pada tanggal 12 Februari 2016 yang merupakan event KSI-MIST dan Kemahasiswaan FMIPA UNY  yang diharapkan dapat memicu karya – karya PKM GT dan AI dari mahasiswa FMIPA UNY. Acara dimulai registrasi peserta dari pukul 07:00 – 07.30 WIB. Banyak peserta dari berbagai angkatan Fmipa UNY mengikuti workshop ini dengan berbekal ide ide yang cemerlang yang nantinya akan dibuat PKM GT atau pun AI. Acara dibuka dengan Tilawah dan sambutan dari ketua KSI-MIST Erwan Aditya serta sambutan dari Pak WD 3.

Pembicara Pertama yaitu Ibu Sukinah, M.pd. yang membicarakan bagaimana sistematika dari penulisan PKM GT dan PKM AI. Beliau menyampaikan tentang materi karya tulis, Alur PKM GT dan yang perlu diperhatikan dalam kepenulisan. Beliau juga memberikan tips untuk lolos dalam PKM GT dan AI yaitu menuliskan gagasan yang harus benar – benar diperhatikan karena di gagasan memiliki bobot yang paling tinggi dalam penilaian, yaitu bobot 40%. Gagasan tersebut harus berisi gagasan yang kreatif dan memiliki kelayakan implementasi. Dalam PKM GT untuk perizinan dalam pengaplikasikannya tidak perlu diperhatikan karena tidak ada tuntutan dalam implementasikannya.

Sesi tanya jawab dengan bu sukinah ada seorang peserta bernama Puput dari Pendidikan Fisika menanyakan tentang bagaimana standarisasi kelayakan mengimplementasikannya dalam suatu gagasan, jawaban dari Ibu Sukinah yakni dalam gagasan tersebut harus ada kelayakan dari mendiskripsikan nya dengan menceritakan langkah yang mesti dilakukan, serta resiko  dan pihak yang mendukung dalam gagasan itu.

Pembicara yang kedua yaitu Rizal Burhanudin staff Ahli KSI-MIST yang telah lolos dalam PKM-GT tahun lalu. Materi yang disampaikan yakni Analisis medan PKM GT dan menyampaikan beberapa karya yang lolos PIMNAS PKM GT tahun lalu yakni,HUMAN AND DISASTER IN HARMONY karya dari UGM kemudian Karya dari ITS yaitu SUSTENABLE AGRICULTURE SYSTEM dan  karya dari UGM Jakarta Sahabat Air  Konsep sustainable development guna mengatur keselarasan landuse and human activity. Beberapa karya – karya yang lainnya juga disampaikan sebagai gambaran tentang PKM GT lebih dalam lagi. Kiat – kiat yang disampaikan adalah dengan membuat PKM GT dengan gagasan masalah yang up to date atau masalah yang sering terjadi kemudian teknik / solusi yang sudah pernah ditawarkan dimodivikasi dengan teknologi atau sistem yang paling baru. Dan yang terpenting adalah kekuatan Doa, dan yang tidak kalah penting adalah.. ACTION !

Setelah Pembicara kedua usai kemudian dilakukan pembagian kepemanduan dengan pemandu dan kelompok yang telah dibagi sebelumnya ketika registrasi workshop, dalam perkelompokan itu diharapkan dapat terbentuk kelompok untuk mengajukan PKM GT dan AI. Pembagian Kelompoknya setiap kelompok 6 orang yang kemudian dibuat menjadi 2 kelompok sehingga memunculkan sedikitnya 2 karya dari satu kelompok. Dalam waktu 30 menit setiap kelompok sharing dan bertukar pikiran tentang PKM yang akan diajuka, setalah itu dilanjutkan Ishoma.

Pembicara ketiga yaitu Pak Puji yang menyampaikan materi tentang Implementasi Kreativitas Tanpa Batas melalui penulisan PKM GT dan AI serta tanggal penting untuk upload PKM secara internal maupun eksternal. Upload internal dilakukan adalah untuk memastikan ada yang kurang atau tidaknya dalam nantinya untuk upload eksternal. Beliau juga memberikan tips untuk menggali ide dengan banyak membaca jurnal,aktif di forum ilmiah,tidak malu bertanya serta menghargai orang lain.Pak Puji juga sangat berantusias dan terbuka kepada para mahasiswa yang ingin berkarya dengan bimbingan dari beliau, khususnya untuk para maba Unyu yang akan menitikan langkah – langkah prestasi dari sini. So… mari berkarya untuk bangsa! 😉