12698375_10204376515451300_8808399866041548229_o

Rapat Kerja merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan diawal kepengurusan sebuah organisasi untuk menentukan program kerja yang akan dilakukan selama satu periode kepengurusan. Kebanyakan rapat kerja dilakukan di dalam ruangan dengan kondisi formal yang menciptakan suasana kaku dan menegangkan. Apalagi ditambah dengan kehadiran Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) yang siap menghujani pengurus dengan berbagai pertanyaan yang kadang membuat para pengurus kebingungan dalam memberikan jawaban. Namun hal ini tidak berlaku bagi UKMF KSI Mist FMIPA UNY. Pagi tadi tepatnya pada hari Minggu tanggal 14 Februari 2016 para pengurus UKMF KSI Mist FMIPA UNY melakukan rapat kerja, pembahasan GBHK (Garis – garis Besar Haluan Kerja), pembahasan PD (Pedoman Dasar), dan pembahasan PRT (Pedoman Rumah Tangga) di Taman Pancasila Universitas Negeri Yogyakarta. Lokasi raker (rapat kerja) memang sengaja dipilih di luar ruangan (out door) dengan tujuan agar suasana keakraban dan kekeluargaan antar pengurus tetap terjaga, menciptakan kenyamanan pada setiap pengurus dan menghindari kesan kaku serta menegangkan yang biasa terjadi dalam rapat kerja. Meskipun begitu keseriusan, semangat, dan fokus pengurus dalam mengikuti jalannya acara rapat kerja tetap baik dan suasana tetap kondusif.

Dalam rapat kerja ini dipandu oleh 2 pembawa acara yaitu Yashinta Devi dan Ahmi Yofaniar Pratiwi yang membawakan acara dengan sangat baik. Pada saat pembahasan GBHK, PD dan PRT dipimpin oleh Akhmad Bagus Nuryanto sebagai Presidium 1, Zuhdi Saputro sebagai Presidium 2, dan Masruroh sebagai Presidium 3. Sebanyak 43 orang pengurus hadir dalam acara rapat kerja ini dari total pengurus sebanyak 55 orang. Beberapa DPO juga hadir untuk mengikuti acara ini, DPO yang hadir antara lain Syaiful Amri selaku Ketua DPO KSI Mist FMIPA UNY tahun 2016, Endah Fajriani Rifai, dan Deary Putriani.  Pembahasan GBHK, PD, dan PRT berlangsung cukup lama dengan beberapa perbaikan serta masukan untuk memperbaiki GBHK, PD, dan PRT UKMF KSI Mist FMIPA UNY. Perbaikan ini dilakukan agar GBHK, PD, dan PRT dapat sesuai dengan kondisi organisasi saat ini dan untuk kebaikan UKMF KSI Mist FMIPA UNY.

Setelah pembahasan GBHK, PD dan PRT acara dilanjutkan dengan penyampaian program kerja selama satu periode kedepan oleh masing  masing kepala departemen. Departemen Sumber Daya Anggota (SDA) diwakili oleh Muhammad Shobirin menyampaikan 3 program kerja departemen SDA yaitu  Penerimaan Anggota Baru (PAB), Temu Anggota (TA), dan Mist Comunity (MICO). Departemen Kajian Penalaran dan Lomba (KPL) diwakili oleh Dinar Indah Lufita Sari menyampaikan 4 program kerja departemen KPL yaitu PKM Center, MIPA Research Competition (MRC), MARSS #4 (2017), serta monitoring dan evaluasi karya. Departemen Hubungan dan Informasi (HI) diwakili oleh May Rina Nuraini menyampaikan 5 program kerja utama departeman HI dan 2 program kerja insidental  departeman HI, 5 program kerja utama departemen HI antara lain FOSMAN (Forum Saintis Muda Nasional), Forum Berlima (Forum Bersama Lembaga Ilmiah Mahasiswa), web dan jaringan, forum alumni, dan buku kenangan. Sedangkan 2 proker insidental departemen HI antara lain kunjungan birokrasi dan kunjungan ormawa, 2 program kerja ini menjadi program kerja insidental departemen HI karena dalam program kerja ini departemen HI hanya berperan sebagai delegasi atau perwakilan dan bukan sebagai pelaksana utama. Departemen Riset diwakili oleh Widiastuti menyampaikan tugas departemen riset sebagai koordinator pelaksanaan riset atau penelitian UKMF KSI Mist FMIPA UNY dan sebagai jalan atau wadah untuk mempermudah pengurus maupun anggota dalam melakukan penelitian. Departemen Kwirausahaan diwakili oleh Eka Maulana menyampaikan 3 program kerja departeman kewirausahaan antara lain jasa-jasa, danus KSI Mist, dan bussines plan.

Berbagai tanggapan dan masukan disampaikan oleh para pengurus yang mengikui rapat kerja. Semua masukan itu bertujuan untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan dalam menjalankan program kerja di tahun lalu. Jadi, diharapkan nantinya pelaksanaan program kerja akan lebih lancar dan hasilnya akan maksimal. Dengan berakhirnya tanggapan dan presentasi program kerja dari setiap departeman maka berakhir pula rangkaian acara rapat kerja UKMF KSI Mist FMIPA UNY. Diharapkan dengan telah terlaksananya acara rapat kerja ini kedepannya kinerja  UKMF KSI Mist FMIPA UNY dapat semakin baik dan dapat mencapai prestasi yang lebih unggul. (MRN)