FOSMAN (Forum Saintis Muda Nasional)Are you scientists? Udah pada tau belum gimana sih sebenernya Fosman itu? tentunya jika kamu saintis muda Indonesia kamu mesti tau, yuk simak artikel dibawah ini..

Acara Raker, Sarah Sehan dan Seminar FOSMAN diadakan pada tanggal 5-6 Maret 2016 di FSM UNDIP, acara di ikuti oleh 8 KSF di Indonesia, yaitu UNY, UGM, UNDIP, UNNES, UM Malang, UNPAD, UIN Suka dan UII.  Delegasi dari KSI-Mist sendiri adalah Siti Mufidah sebagai perwakilan ketua KSI-Mist dan Rizal Burhanudin sebagai staf ahli Dewan Ristek, sedangkan Fauziyyah Diah A sebagai bendahara Fosman. Dewan PM Ahmad Bagus N dan Masruroh sedangkan di Dewan Risert Pony Salimah N dan Yuni Pratiwi, sedangkan untuk Dewan HI Siti Ngaisah dan Hapsari Eka.

1

Acara dimulai  tanggal 5 dengan Seminar Fosman berjudul “Technopreneur, Saintis Muda Harapan Bangsa Sukseskan MEA” oleh Dr. Muhammad Nur. Beliau adalah owner dari CV. Plasma Tech dan PT Dipo Technology.

Penemuannya berupa “Zeta Green for Smok” yang merupakan inovasi alat pembersih asap dengan menggunakan teknologi plasma.  Beliau menjelaskan bagaimana agar menjadi saintis yang dapat ahli dalam bidang technopreneurship yaitu usaha membawa Sains danTeknologi ke dunia usaha yakni dengan risert atau pengembangan teknologi yang terinovasi dan bernilai komersil tinggi. Pesan dari beliau adalah bukan dimana kita tapi apa yang dapat kita ciptakan, dan kerjakan apa yang belum orang lain ciptakan dan Jadilah orang pertama.

Dalam seminar tersebut direktur PT Dipotechnology memaparkan salah satu produk zeta green tersebut, yaitu alat berbasis plasma udara untuk strerilisasi jasad renik, virus, dan bakteri dan pembersih udara dari gas polutan terutama asap rokok. Alat tersebut sudah di sebarkan dibeberapa wilayah di Indonesia. Alat ini juga telah terpilih sebagai Innovation award dan juga telah mendapat apresiasi dari mentri Ristek Dikti Prof.Muh Natsir dan Presiden Joko Widodo.

Acara selanjutnya dilanjutkan demgan sarahsehan FOSMAN yang di isi oleh Iqbal dari UGM yang merupakan bagian dari pencetus adanya FOSMAN. Dalam acara tersebut di jelaskan sejarah terbentuknya fosman dan juga dilanjutkan perkenalan semua pengurus fosman yang hadir dari tiap KSF dengan game yang mengasyikan, perkenalan dengan lagu, puisi, bahkan bermain ekspresi yang memecahkan suasana sarasehan tersebut sampai acara selesai.

Hari berikutnya acara raker fosman dimulai pagi hari dimulai dengan Rapat kerja fosman, presentasi pertama oleh dewan pengabdian masyarakat, dewan pengabdian masyarakat memiliki proker dengan memiliki desa binaan yang perlu  diberdayakan dilingkungan sekitar, selain itu juga adanya gerakan untuk mengajar.

Selanjutnya presentasi oleh dewan HI yaitu memiliki proker untuk memegang jaringan web, maupun sosmed dari fosman itu sendiri, serta menerbitkan e-buletin tentang KSF anggota Fosman disetiap bulannya. Dalam akun Fosman tersebut akan selalu di update tiap minggunya, Update tersebut merupakan seputar Saintek, Soshum, info ter update, bakan sampai info lomba, so jangan lupa kunjungi dan follow/add akun fosman 😉

Presentasi selanjutnya merupakan dewan ristek, yaitu mempunyai proker untuk kuliah online, adajugakajianilmiahsertadiseminasikarya.Himbuan untuk diikuti semua anggota fosman adalah

FEC ( Fosman Essay Competition) Lomba Essay bergengsi dari Fosman. So siap kan dirimu untuk membuat Essay nya ya, coming soon! 😉

Selanjutnya adalah presentasi dari koorwil fosman dan dilanjutkan dengan presentasi Sekjend Fosman Himatul Uliyah A.S dari UM Malang selanjutnya presentasi PI Fosman, diantaranya menghasilkan keputusan bahwa setiap tahunnya membayar uang kas fosman setiap KSF yaitu Rp 100.000,- pertahunnya dan akan ada SK untuk kepengurusan Fosman nantinya.

Untuk selanjutnya adalah perkenalan masing -masing KSF untuk memperkenalkan KSF nya dari tiap – tiap universitas. Pertama dari LSiS UGM dan kemudian dilanjutkan dari Ksi-Mist UNY, Setelah itu dari Lacer C dari UII kemudian Fkist dari UIN suka dan setelah itu SSC UNNES kemudian dari RIC UNDIP dan terakhir F2ST dari UM malang, dan sangat disayangkan perwakilan dari UNPAD belum bisa hadir membersamai acara tersebut.

Setelah itu acara ditutup dengan mengabadikan moment bersama.

Untuk info lebih lengkap kunjungi dan folow/add akun FOSMAN

Web : fosman.org

Ig : @FOSMAN_ID

Line @ : @wpm6319r

Twitter : @fosman_id

FB : FOSMAN

Youtube : Fosman Indonesia

 

Ajak temen-temen untuk ikut bergabung gaes! Pasti nggak akan nyesel, banyak info penting dan menarik dan ada info terupdate juga 😉 So lets join us!

 

Gallery

432