Departemen Riset merupakan salah departemen di KSI Mist yang bertugas dalam pengembangan riset  dan bidang terkait lainnya guna membangkitkan iklim prestatif anggota dan pengurus KSI Mist. Anggota Tim Riset merupakan pengurus dan anggota KSI Mist yang telah terkualifikasi. Pada tahun 2017, terdapat 5 tema riset yang menjadi ujung pedang KSI Mist untuk melaksanakan riset. Apakah tema-tema riset tersebut? Simak artikel berikut ini.

  1. Ekologi dan Mikrobiologi

Ruang Lingkup Riset Mikrobiologi adalah Riset tentang Pemanfaatan peran mikroorganisme dalam berbagai bidang lingkup kehidupan seperti tanah, air, pertanian, pangan, dan industri di alam. Riset mikrobiologi berguna dalam memperoleh solusi terhadap permasalahan lingkungan yang dapat diatasi dengan pemanfaatan mikroorganisme yang ada di alam baik tingkat laboraturium maupun penerapan di lapangan.

Ruang Lingkup Ekologi adalah riset tentang pemanfaatan dan pengaplikasian interaksi antara organisme dan lingkunganya dari tingkat individu, populasi, sampai tingkat ekosistem baik dari sisi abiotik maupun biotiknya. Riset ekologi berguna dalam memperoleh solusi mengenai konservasi, hubungan interaksi, dan pengelolaan lingkungan dengan pemanfaatan interaksi biotik maupun abiotiknya.

  1. Sensor

Sensor merupakan suatu piranti yang biasa digunakan untuk mendeteksi besaran fisika yang membuat besaran dari piranti tersebut berubah. Keluaran hasil sensing (output sensor) dihubungkan dengan instrumen lain yang kemudian disebut alat ukur. Banyak sekali dalam kehidupan kita ditemui sensor, hanya saja kesadaran kita yang kurang terhadap sensor ini. Sebagai contoh sederhananya adalah pipet (sedotan) yang dapat digunakan untuk mengukur kelajuan air mengalir dengan menggunakan konsep “tabung pitot” seperti yang dipelajari sewaktu SMA. Sedotan dibuat melengkung membentuk huruf L kemudian dicelupkan sebagian (bagian horizontal) kedalam bagian air yang mengalir. Akan terdapat kenaikan air bergantung kelajuan air tersebut. Semakin cepat maka semakin tinggi kenaikan air dalam sedotan. Seperti itulah gambaran kecil yang akan dikaji di bidang sensor dept. Riset KSI-Mist. Kajian kami akan mengerucut ke sensor untuk fluida cair dan getaran. Tertariiikk???? So Join Us.. 😀

  1. Optika

Optika merupakan cabang fisika yang mempelajari cahaya, mengenai optika terbagi menjadi dua yaitu Optika Geometri dan optika fisis. Optika geometri membahas fenomena pemantulan dan pembiasan. sedangkan Optika Fisis cabang studi cahaya yang mempelajari sifat-sifat cahaya yang tidak terdefinisikan oleh optik geometris dengan pendekatan sinarnya. Definisi sifat cahaya dalam optik fisis dilakukan dengan pendekatan frekuensi tinggi lingkup kajianya meliputi fenomena polarisasi, difraksi dan interferensi. Pemanfaatan optika ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai bidang salah satunya kesehatan.

  1. Pemodelan Matematika

Model matematika dari suatu masalah adalah rumusan masalah dalam bentuk persamaan atau fungsi matematika. Pemodelan matematika dari suatu masalah adalah langkah-langkah yang ditempuh untuk memperoleh dan memanfaatkan persamaan atau fungsi metematika dari suatu masalah. Pemodelan Matematika berguna dalam memperoleh solusi-solusi yang dapat digunakan dalam mengambil kebijakan terhadap suatu fenomena. Semua permasalahan dapat dimodelkan baik secara deterministik maupun stokastik seperti pemodelan dan prediksi persebaran suatu penyakit, energi, lingkungan dan lain-lain.

  1. Elektrokimia Analitik

Merupakan cabang dari Kimia Analitik yang mempelajari hubungan antara listrik dengan pengaruh kimia yang dihasilkan. Pada umumnya yang dipelajari adalah perubahan kimia yang disebabkan oleh adanya aliran listrik dan produksi energi listrik akibat adanya reaksi kimia. Adapun cabang-cabang elektrokimia meliputi fenomena (elektroforesis dan korosi), device (electrochemical display, electroanalytical sensor, baterai, fuel cell), teknologi ( elektroplating dan produksi skala besar seperti aluminium dan klorin). Saintis melakukan pengukuran elektrokimia pada berbagai sistem kimia untuk berbagai alasan, seperti mempelajari termodinamika, kinetika, analisis logam/organologam, membuat desain baru sumber energi, dll.

Sudah membaca semua tema riset KSI Mist 2017? Tunggu apalagi gabung Tim Riset sekarang juga!