Upgrading KSI Mist merupakan suatu susunan acara yang terus menerus diadakan pada setiap pergantian kepengurusan atau telah habis masa kerja 1 periode. Upgrading KSI Mist 2017 kali ini bertepatan pada hari Sabtu sampai Minggu tanggal 18-19 Februari 2017 di Parangtritis Geomaritime Science Park Yogyakarta. Dengan titik kumpul di sekre KSI Mist pukul 13.00 WIB, kemudian berangkat dengan berboncengan naik sepeda motor dan berangkat satu per satu setiap departemennya. Kurang lebih 1 jam perjalanan, sesampainya disana ISHOMA dan menaruh barang barang di penginapan. Kemudian dilanjutkan dengan materi di Aula Geomaritime Science Park Yogyakarta dengan moderator Wahyu Arif beserta 2 pembicara yang sangat hebat dan luar biasa, yaitu Deary Putriani dan Arif Yoga Pratama.
Yang pertama materi dari Deary Putriani (Pendidikan Matematika 2012, pertama kali di KSI Mist sebagai anggota departemen SDA 2013). KSI Mist merupakan wadahnya belajar untuk menulis, mengembangkan tulisan, dan memperbaiki tulisan menjadi karya tulis yang bernilai. Selain itu, KSI Mist juga sebagai wadah untuk menentukan jati diri, kepribadian, sikap kepada teman dan lain sebagainya. KSI Mist itu sangatlah luas, ingat! bahwa keluasan itu sendiri tergantung diri sendiri yang memandang, menggali informasi, bahkan dapat memberi motivasi sehingga kita mendapatkan prestasi baik akademik maupun non akademik. Sebagai contoh: penerima beasiswa, mendapat penghargaan dan lain sebagainya. Selain itu pengembangan kinerja otak juga penting, tidak hanya otak kiri yang digunakan untuk berfikir penyelesaian suatu rumus perhitungan. Gunakan juga otak kanan untuk berfikir tentang musik,irama, kreativitas, penyelesaian masalah sosial, dan lain sebagainya supaya terjadi keselarasan dalam berpikir.
Didapatkan suatu prestasi dalam bentuk karakter : pembentuk keberanian (yang dulunya penakut, pemalu dalam menyampaikan aspirasi kemudian menjadi berani dalam beraspirasi), komitmen yang professional (berpegang teguh pada keputusan yang dibuat dan melaksanakan secara professional), empati dan dapat dipercaya (karakter ini harus memiliki rasa kasihan kepada orang lain dan dapat dipercaya untuk menjaga kepentingan orang lain yang dititipkan atau diamanahkan kepada kita), tanggung jawab (prestasi yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam kehidupan masing-masing). Ada beberapa langkah untuk menuju success, yakni start, think, analysis, planning, try, do, do again, keep do again and success. Masalah yang sering dijumpai dalam mengikuti suatu kompetisi: perbedaan pendapat, emosional, biaya, izin orang tua, dan manajemen waktu.

“Ketika kamu ingin menyerah pikirkan lagi untuk apa tujuanmu memilih pilihan tersebut, bukan untuk satu waktu tapi untuk sewaktu waktu (Deary Putriani, 2017)”

Yang kedua materi dari Arif Yoga Pratama (Pendidikan Kimia 2010, pertama kali di KSI Mist sebagai staff humas 2011). Materi yang disampaikan tentang organisasi, kenapa berorganisasi? pertanyaan yang selalu muncul ketika kamu ingin mengikuti suatu organisasi. Ada 7 hal yang didapatkan dalam berorganisasi: bertemu dengan orang-orang hebat yang menginspirasi (dapat kita belajar dari orang yang menginspirasi kita, menambah semangat juang kita untuk saling berpartisipasi), lebih kuat dan bijaksana dalam menghadapi masalah (karena dengan berorganisasi, kita mengasah fungsi otak kanan sebagai pemecah masalah), belajar manajemen waktu sejak usia muda (dengan banyak organisasi, kita bingung mana waktu untuk organisasi, untuk kuliah, membantu orang tua dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu dilatih manajemen waktu mulai sekarang), melihat segala sesuatu dari banyak sudut pandang (membuka semua cakrawala sehingga kita lebih tau hal tersebut dalam lingkup makro, bukan mikro), kamu jadi mudah nge-judge seseorang (dengan melihat 2 orang yang berbeda dan belum kita kenal, kita akan melihat dan mengetahui sifat dan karakter orang tersebut), terbiasa untuk berkompetisi (mendapatkan banyak peluang untuk mengikuti suatu perlombaan, sehingga terlatih untuk berkompetisi), belajar komitmen termasuk urusan cinta (komitmen itu dibutuhkan dalam segala hal, pegangan dan bukti bahwa kita serius, apalagi dalam masalah cinta).

“Together everyone achieves more (Arif Yoga Pratama, 2017)”

Pada malam hari terdapat berbagai persembahan dari setiap departemen. Departemen KWU menampilkan tari dan dance diakhiri dengan puisi, departemen Riset menampilkan cerita bersambung dan bernyanyi, departemen SDA menampilkan WKB (Waktunya KSI Mist Bercanda), departemen KPL menampilkan dakwah dan dance, departemen HI menampilkan drama musikalisasi puisi, dan PI menampilkan puisi dan melodi dengan angklung. Pada dini harinya kurang lebih pukul 03.00 WIB kita dibangunkan oleh DPO dengan satu persatu dan ditutup matanya dengan slayer kemudian disuruh mengikuti arahan suara dari kakak kakak DPO, setelah itu kita diintrogasi tentang departemen yang kita pilih dan konsekuensi yang kita putuskan, dan disaat kita ngomong itu direkam sama kakak DPO nya. Setelah itu, disatukan per departemen dan disuruh mencari pin dengan lokasi diinformasikan menggunakan teka teki. Pagi harinya kurang lebih pukul 08.00 kita dibagi kelompok dan melaksanakan outbond sesuai kelompoknya, berjalan menuju pos pos yang di sediakan oleh panitia, ada 5 pos. Pos 1 sampai 3 ada petunjuk dengan tali-tali rafia dan pos ke 4 dan 5 mandiri mencarinya. Setelah itu berjalan lagi menuju Geomaritime Science Park Yogyakarta, dan dilanjut makan siang dan istirahat. Setelah itu menuju ke Aula Geomaritime Science Park Yogyakarta untuk penutupan acara upgrading KSI Mist 2017, dan kemudian kembali ke kampus atau ke rumah masing-masing. Acara ini sangat berkesan, memberikan dan menguatkan kebersamaan kekeluargaan dan pengalaman yang luar biasa.

Penulis : Bella Sinta Hikmasari
Editor : Muhammad Yuliantito Budiono