Seminar Nasional  MIPA Road to Scientific Paper and Seminar  ke-4 (MARSS#4) resmi dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., (7/5) di Gedung KPLT Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Seminar dalam rangka Dies Natalis ke-53 UNY ini bertema `Peran Generasi Muda dalam Optimalisasi Energi dan Sumber Daya Alam Melalui Sains, Teknologi dan Pendidikan untuk Mewujudkan Sustainable Developments Goals (SDGs). Hadir sebagai Narasumber yaitu: 1) Kang Farhan (Duta SDGs/Artis/PresenterTV), 2) Dr. Edi Suharyadi, M.Eng (Koordinator MITI Daerah Istimewa Yogyakarta/Dosen MIPA UGM), dan 3) Basikin, Ph.D (Sekretaris Eksekutif Rektor) dan sebagai Host Yudan Hermawan (Inisiator Wirawisata Gua Pindul Yogyakarta).

Dalam sambutannya, Rektor UNY mengatakan sesuai dengan tema seminar semoga menjadi semangat  semua bidang, karena bidang yang dibicarakan bidang pendidikan dan sains, maka perlu menyiapkan pendidikan dan sains kedepan yang sesuai dengan sustainable development. “UNY sebagai universitas pendidikan tentu sangat menaruh perhatian yang besar terhadap topik seminar yang diselenggarakan hari ini, isu pendidikan merupakan isu yang menarik karena menyangkut kemanusiaan dan untuk selalu maju, jadi bukan sekedar melaksanakan pembangunan, tapi bagaimana kita memajukan dalam peradaban kehidupan, maka manusia tidak akan berhenti dan terus belajar, maka isu-isu education diangkat dalam tema seminar hari ini”, tambah Sutrisna Wibawa.

Ditambahkan oleh Sutrisna Wibawa bahwa UNY sebagai lembaga pendidikan telah merencanakan berbagai kegiatan terkait dengan pengembangan pendidikan, selain isu pengembangan IPTEK juga isu pendidikan karakter.

Pada kesempatan tersebut, rektor juga menceritakan tentang kegiatan beberapa hari yang lalu bersama Menristekdikti di Semarang, dalam rangka mendeklarasikan anti kekerasan, anti radikalisme, anti narkoba, dan NKRI harga mati. Rektor mengajak peserta seminar agar menjadi lebih semangat dalam berkarya untuk masa depan, mengingat dalam minggu-minggu ini di media massa hangat isu-isu tentang tiga hal tersebut di atas. “Dalam rangka pengembangan energi, sumber daya dan lingkungan di Universitas Negeri Yogyakarta juga mengembangkan program green campus, bangunan di UNY sekitar 30-40% sehingga selebihnya sekitar 60-70 % tumbuh tanaman-tanaman hijau, dimana merupakan sebagai komitmen universitas dan komitmen kita bersama dalam pelestarian lingkungan, dan semua ini perlu dukungan serta peran serta pimpinan, dosen dan mahasiswa di UNY”, tambah Sutrisna Wibawa.

Senada, Dekan FMIPA, Dr. Hartono, M.Si mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan juga panitia KSI MIST yang ada di FMIPA UNY, dimana kelompok studi ilmiah yang rutin menyelenggarakan seminar nasional MARRS #4, atas kerjasamanya dengan berbagai lembaga, selain itu juga paduan suara dari FMIPA UNY. “Kemudian juga kami ucapkan selamat kepada 10 finalis LKTI yang kemarin berhasil lolos seleksi untuk presentasi dari total sekitar 127 antusiasme yang mengikutinya’, ucap Hartono.

Acara yang diikuti sekitar 500 mahasiswa MIPA dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Jateng dan DIY, juga dihadiri Dr. Widarto, M.Pd (Dekan FT UNY) dan Dr. Giri Wiyono, MT (WD III FT UNY).

MARRS#4 merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-53 UNY yang diselenggarakan UKMF KSIMIST (Kelompok Studi Ilmiah MIPA Saintis) bekerjasama dengan MITI (Masyarakat Ilmuwan Tekonogi Indonesia) Klaster Mahassiswa, FOSMAN (Forum Saintis Muda Nasional) dan UKMF Matriks UNY. kegiatan tersebut meliputi 1) Lomba Karta Tulis Ilmiah (LKTI) Mahasiswa Tingkat Nasional dengan antusiasme 127 peserta dan telah seleksi menjadi 10 besar yang telah presentasi kemarin Jumat (5/5) di FMIPA UNY, 2) Youth Summit MITI Klaster Mahasiswa yang dihadiri sekitar 200 peserta dan juga FGD bersama MITI KM dimana pesertanya merupakan mahasiswa MIPA di wilayah DIY dan Jateng. 3) Seminar Nasional MARRS#4 dengan total peserta sekitar 500 peserta. (Arif)

Sumber: https://www.uny.ac.id/node/6023
Editor: Tito