Menjalin Keakraban Melalui Upgrading KSI Mist 2018

KSI Mist merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa bidang penalaran tingkat fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kepengurusan yang baru ini KSI Mist dipimpin oleh seorang ketua yang Muhammad Yuliantito Budiono, Kimia 2015. Kepengurusan KSI Mist 2018 berjumlah 59 orang yang berasal dari seluruh prodi di FMIPA UNY. Untuk mengakrabkan pengurus yang notabennya berasal dari prodi yang berbeda-beda, KSI Mist mengadakan kegiatan upgrading. Upgrading ini bertujuan untuk mengakrabkan seluruh pengurus KSI Mist baik dari angkatan 2015, 2016 maupun 2017. Harapannya setelah diadakannya upgrading pengurus KSI Mist 2018 dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki KSI Mist, sehingga ketika menjalankan tugas selama satu tahun kepengurusan akan lebih maksimal. Upgrading KSI Mist 2018 dilaksanakan pada 27-28 Januari 2018 di Rumah Ijo, Piyungan, Bantul , dengan tema Berawal Dari KSI Mist, Kita Ukir Prestasi Tuk Wujudkan KSI Mist Juara. Kegiatan ini diikuti oleh 51 pengurus dari 59 pengurus. Kepanitiaan dalam upgrading ini adalah DPO KSI Mist, yang diketuai oleh Muhammad Shobirin.

Upgrading kali ini mengundang Rizal Buhanudin dan Rita Suryani sebagai pembicara untuk membagikan pengalaman mereka seputar organisasi dan prestasi. Rizal Buhanudin merupakan alumni KSI Mist yang memiliki banyak prestasi, beliau membahas mengenai beberapa tips tentang LKTI dan penulisan ilmiah yang memerlukan kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar. Beliau juga memberikan beberapa contoh masalah yang kurang diperhatikan oleh kita. Untuk Mbak Rita, beliau membagikan pengalamannya mengenai berbagai beasiswa dan organisasi yang ia ikuti. Selain hal tersebut, beliau juga memberikan tips dan trik agar kita mendapatkan beasiswa-beasiswa ke luar negeri. Mbak Rita mengatakan bahwa kita sebagai mahasiswa juga perlu untuk mengikuti organisasi luar untuk memperluas pengetahuan dan cara berfikir kita. Dan yang kita ketahui Mbk Rita merupakan salah satu orang yang menerima beasiswa LPDP.

Selain mendapatkan berbagai informasi mengenai organisasi dan prestasi, di hari pertama dalam upgrading ini setiap departemen KSI Mist harus mempersembahkan sebuah pentas seni. Departemen pertama yang tampil adalah departemen SDA. Mereka menampilkan tari tradisional yang telah di-mix dengan sedikit tari modern. Setelah itu, penampilan selanjutnya adalah penampilan yang berasal dari departemen KWU yang menampilkan tari modern. Penampilan ketiga adalah penampilan dari departemen HI berupa drama legenda Jaka Tarub dan 7 Bidadari. Kemudian disusul dengan penampilan departemen KPL yang menyanyikan lagu melow yang diiringi dengan lampu kelap-kelip (flashlight) dari ponsel milik penonton. Penampilan setelahnya berupa Indonesian Idol ala-ala departemen Riset yang sanggup mengocok perut dari penonton saat itu. Penampilan terakhir berasal dari penampilan PI (Pengurus Inti) yang menyanyikan remix beberapa lagu semangat dari beberapa penyanyi terkenal. Pada pensi ini juga di isi dengan beberapa kejutan kejutan kecil untuk beberapa pengurus yang berulang tahun di bulan itu.

Dini hari di hari kedua upgrading semua peserta upgrading dibangunkan oleh DPO. Disini mata dari masing-masing peserta ditutup menggunakan slayer yang telah disiapkan sebelum tidur. Setelah dibangunkan dan menutup mata menggunakan slayer, peserta upgrading mengikuti arahan dari DPO untuk keluar dari kamar. Tak lama kemudian peserta di kumpulkan per departemen, disini peserta upgrading sekaligus pengurus KSI Mist 2018 diwawancara kembali oleh DPO mengenai motivasi, tujuan maupun harapan untuk KSI Mist.

Pagi harinya terdapat kegiatan seru yang diadakan di upgrading ini. Semua peserta upgrading selaku pengurus KSI Mist 2018 dilantik secara resmi oleh ketua DPO dengan melafalkan Ikrar Pengurus KSI Mist di aula Rumah Ijo. Setelah itu semua peserta bersama DPO sarapan sebagai bekal energi untuk kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu Outbond. Ada beberapa pos yang di buat oleh DPO, pos pertama merupakan pos dimana seluruh peserta upgrading membentuk tim berdasarkan suara hewan yang sebelumnya telah ditentukan. Dengan menutup mata seluruh peserta membunyikan suara hewan yang didapatkan untuk mencari teman yang memiliki suara sama dan berkumpul dengan timnya tersebut. Tim yang pertama dan kedua berkumpul akan memulai perjalanan outbond di kloter pertama. Namun sebelum tim pertama dan kedua pergi, semua tim menampilan yel-yel yang dibuat dalam waktu singkat. Selagi menunggu kloter keberangkatan, beberapa timĀ  yang belum berangkat bermain bersama dengan menyatukan bahasa-bahasa daerah dari beberapa pengurus yang berbeda-beda . Di pos kedua terdapat game kekompakan dimana semua anggota tim ditutup matanya dan hanya ada satu oang yang tidak ditutup sebagai leader yang memandu anggotanya untuk melewati tantangan yang telah dipersiapkan oleh DPO di pos kedua. Setelah selesai tim akan berangkat ke pos ketiga, di pos ketiga ini kita harus menyusun puzzle berupa logo KSI Mist. Pos keempat berupa game untuk memindahkan karet gelang dengan hanya bermodalkan sepotong sedotan kecil. Karet gelang ini dipindahkan secara estafet menggunakan sedotan kecil tersebut. Cukup sulit untuk berkonsentrasi di game ini karena dengan tertawa sedikit saja dapat membuat karet gelang terjatuh dan harus mengulangnya dari awal/start. Setelah dari pos empat tim berpindah ke pos terakhir yaitu pos lima, dimana disini tim memindahkan secara estafet air hanya dengan menggunakan tangan. Di pos ini tim akan basah kuyup karena tidak terdapat alat bantu untuk memindahkan air.

Setelah outbond selesai sebagian peserta membersihkan dirinya dan istirahat, selagi menunggu peserta lainnya yang belum sampai di Rumah Ijo. Setelah semua berkumpul, dilaksanakan acara penutupan yang diisi kesan dan pesan dari beberapa peserta. Dan lagi ada kejutan kecil untuk anggota yang berulang tahun di bulan itu. Setelah semua selesai peserta kembali kekampus dan sebagian kembali kerumah masing-masing untuk beristirahat menyambut kuliah perdana di esok harinya. Secara keseluruhan acara ini sangat berkesan bagi peserta upgrading, karena dengan adanya upgrading ini dapat memperkuat jalinan kebersamaan dan kekeluargaan antar pengurus KSI Mist 2018.