Pekerjaan apa yang  kalian inginkan ? Apakah kalian ingin menjadi seorang pebisnis? Sebagai seorang  yang ingin memulai bisnis, Anda harus bisa membuat business plan atau minimal tahu apa itu business plan. Business plan sendiri adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai suatu usaha.

Business erat kaitannya dengan entrepreneur.  Entrepreneur adalah orang yang hidup dengan ketidakpastian , orang yang gigih dan berani sehingga usahanya tumbuh. Seorang enterpreneur harus memiliki mindset yang diperlukan. Mindset yang diperlukan oleh enterpreneur antara lain.

  1. Action oriented
  2. Berpikir simpel
  3. Mencari peluang baru
  4. Mengejar peluang denan disiplin tinggi
  5. Mengambil peluang terbaik
  6. Fokus pada eksekusi
  7. Fokus energi pada bisnis yag digeluti

Bagaimana memulai bisnis dan menjadi entreprenuer? yang pertama yaitu harus memiliki hobi. Hobi yang kita miliki bisa kita manfaatkan ke tingkat yang lebih tinggi sehingga kita bisa mendapatkan penghasilan dari hobi. Yang kedua adalah memiliki keinginan. Suatu kegiatan tidak akan berkembang jika kita tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan usaha tersebut. Yang ketiga yaitu memiliki niat usaha. Hal yang paling mendasar untuk memulai suatu usaha adalah niat untuk memulai usaha tersebut. Tanpa niat maka usaha tidak dapat dimulai dengan baik. Yang terakhir adalah modal. Modal disini adalah tidak semata-mata uang saja, melainka modal dapat berupa hal apapun misalnya modal relasi dengan berbagai orang. Dengan memiliki hubungan dengan orang lain kita dapat mengajak orang untuk membantu usaha kita.

“ Jika kalian mempunyai mimpi jangan setengah-setengah dalam menggapainya, fokus, kerja keras dan tekun adalah kunci untuk mendapatkan mimpi itu “ Endar Chridiyanto.

Langkah langkah untuk memulai usaha yaitu pertama melakukan obsevasi keadaan dan kebutuhan di pasar, selanjutnya mencari tahu apa yang diinginkan oleh konsumen. Setelah itu memnuat produk yang sesuai dengan hasil observasi. Jika sudah memulai maka fokus pada usaha yang sedang dibangun terlebih dahulu. Setelah usaha mulai berlangsung, kemudian lakukan evaluasi hasil. Dari hasil evaluasi kita dapat mengetahui apa kekurangan dan kelebihan produk kita. Setelah mengetahui hasil tersebut selanjutnya adalah melakukan perbaikan produk dan meningkatkannya. Setelah itu kembangkan usaha tersebut dengan terus melakukan evaluasi dan perbaikan.

Tips praktis dalam memulai usaha

  1. Modal usaha bukan uang tapi keyakinan
  2. Bersahabat dengan ketidak pastian
  3. Buka pikiran dengan hal baru
  4. Persiapkan diri dengan baik
  5. Bangun network
  6. Kurangi resiko dengan data dan informasi

 

“ Gagal bukan hambatan untuk sukses, kritikan adalah makanan sehari-hari untuk berkembang, dan keyakinan serta tekad kuat adalah kunci untuk mencapai kesuksesan “ Endar Chrisdiyanto.