Mewujudkan Peran Pemuda dalam Pengembangan Potensi Lokal melalui Seminar MARSS #5

Seperti tahun-tahun sebelumnya Kelompok Studi Ilmiah Mipa Scientis Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Nasional  MIPA Road to Scientific Paper and Seminar  ke-5 (MARSS#5) yang resmi dibuka oleh Wakil Dekan I FMIPA UNY Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. (22/4) di Gedung KPLT Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Seminar dalam rangka Dies Natalis ke-54 UNY ini bertema `Aktualisasi Peran Pemuda Dalam Pengembangan Potensi Lokal Melalui IPTEKS Menuju Indonesia Emas 2045`.  Hadir sebagai Narasumber yaitu: 1) Radyum Ikono, B.Eng, M.Eng. (CEO nanotech Indonesia), 2) Eko Wisnu Wardhana, S.E  (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi), dan 3) Ranitya Nurlita (Environmetal and Youth Activist Greenneration Fundation) dan sebagai Moderator Dr. Kun Sri Budiasih, M.Si. (Dosen Kimia FMIPA UNY).

Dalam sambutannya Bapak Slamet Suyanto mengatakan bahwa “Betapa luar biasanya mahasiswa saat ini yang sangat ingin belajar tentang pengembangan potensi lokal, ini terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir saat ini. Oleh karena itu kita semua disi tidak boleh hanya mendengarkan dan pulang, tapi kita harus berbondong-bondong pulang ke asal kita untuk mengangkat nama tempat kelahiran kita.” Begitu tuturnya untuk membakar semangat para peserta seminar yang hadir tersebut. Beliau juga terpukau dengan pameran yang di adakan oleh perserta LKTI MARSS#5 yang sangat invotif dan menginspirasi.

Acara ini terselenggara dengan sangat meriah dan diramaikan oleh sekitar 500 peserta seminar dari berbagai univesitas di Indonesia. Pembicara tahun ini begitu luar biasa, dibuka oleh Bapak Eko dengan memaparkan bagaimana suatu daerah akan sangat maju dan berkembang ketika semua potensi yang dimiliki didalamnya dimaksimalkan dan juga mengikut sertakan peran pemerintah dan masyarakat sekitar itu sendiri agar usaha yang dilakukan dapat berhasil. Kemudian dilanjutkan oleh Kak Ranitya yang memberikan ilmu-ilmu baru tentang bagaimana kita sebagai pemuda juga harus mengembangkan daerah kita tanpa mengabaikan keadaan lingkungan sekitar, dimana kita juga harus perduli dengan alam yang telah memberikan kita banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan, salah satunya perduli dengan keberadaan sampah. Dan ditutup oleh Bapak Radyum dengan penjelasannya yang sangat luar biasa tentang nano serta bagaimana kita mencintai tempat kita tumbuh. Dimana sejauh jauhnya kita mencari atau menimba ilmu kita harus kembali ke Negara atau daerah kita sendiri untuk mengaplikasikan ilmu yang kita perloleh, sehingga kita jangan ma uterus bergantung dengan Negara lain. Bukan hanya pembicaranya saja yang luarbiasa tetapu juga para peserta yang sangat antusias didalamnya dan mengajukan berbagai pertanyaan-pertanyaan spektakuler kepada pembicara.

MARRS#5 merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-54 UNY yang diselenggarakan UKMF KSIMIST (Kelompok Studi Ilmiah MIPA Saintis) bekerjasama dengan Klaster Mahassiswa, FOSMAN (Forum Saintis Muda Nasional) dan UKMF Matriks UNY. Kegiatan tersebut meliputi 1) Lomba Karta Tulis Ilmiah (LKTI) Mahasiswa Tingkat Nasional dengan antusiasme 147 Karya dan telah seleksi menjadi 10 besar yang telah presentasi kemarin Jumat (20/4) di FMIPA UNY, 2) Seminar Nasional MARRS#5 dengan total peserta sekitar 500 peserta.